Obat Masuk Angin Tradisional

Obat tradisional dari bahan jahe merah (zingiber offichinale rosc) merupakan salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan. Sebagai bahan baku obat tradisional, jahe merah banyak dipilih karena kandungan minyak atsiri, zat gingeral serta oleoresin, atau zat yang memberikan rasa pahit dan pedas lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Jahe merah memiliki efek farmakologis yang apabila diminum secara teratur, akan berkhasiat menghangatkan badan, membantu menyehatkan dan memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan vitalitas, mengobati migrain, demam, masuk angin, rematik, flu, bronkitis, sinusitis, asma, asam urat . Produk olahan jahe merah telah dijual dipasaran berupa rajangan kering atau simplisia, jahe instan, serbuk jahe, sirup jahe dan permen jahe.

Secara turun temurun orang sudah meminum rebusan daun sambiloto (andrographis paniculata) untuk mencegah masuk angin dan influenza, serta mengatasi berbagai macam penyakit radang, menurunkan demam, meredakan kencing manis, dan sakit kuning. Selain itu, pahitnya sambiloto juga dipercaya manjur untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki efek antibiotik alami. Sebagai salah satu bahan obat tradisional unggulan, khasiat sambiloto sudah tidak disangsikan lagi. Semua bagian tanaman sambiloto, dari daun sampai ke akarnya terasa pahit, namun semuanya dapat digunakan untuk pengobatan.

Penjual jamu gendong tidak pernah absen membawa botol berisi ramuan sambiloto, yang sering mereka sebut dengan jamu paitan. Rasa pahit ini disebabkan oleh senyawa andrographolid, terutama pada bagian daun dan batang. Daun sambiloto banyak mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiradang. Selain itu juga mengandung zat andrographolid , kalium, natrium, kalsium dan asam kersik.  Zat andrographolid adalah komponen utama yang terkandung dalam sambiloto yang memiliki multiefek farmakologis.

Mengkonsumsi sambiloto harus dilakukan secara rutin dan teratur, namun jika sudah melebihi satu bulan , sebaiknya dihentikan trelebih dahulu untuk melihat efeknya. Tidak disarankan mengkonsumsi sambiloto secara terus menerus setiap hari dalam jangka waktu lama, karena sambiloto mengandung antibiotik. Penggunaan sambiloto untuk meredakan kencing manis juga harus disertai dengan diet rendah karbohidrat dan gula.Kalau hanya rajin mengkonsumsi sambiloto tetapi pola makannya buruk, tentu tidak akan memberikan manfaat. Apabila setelah minum rebusan sambiloto mengalami rasa mual atau muntah, pemberian sambiloto harus dihentikan.

Daun sembung (Blumae Folia), selain mengobati masuk angin , perut kembung, mual, juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Tumbuhan ini mengandung borneol, sineol, dimetil eter floroasetofenon, kamfer dan tanin. Hingga kini beberapa tumbuhan yang berkhasiat telah banyak digunakan masyarakat sebagai penyembuhan alternatif, ada yang di oles dengan minyak kayu putih atau kerokan.

Banyak yang mengakui, segala yang berasal dari alam itu lebih baik. Melihat khasiatnya, tentu lebih baik jika kita kembali ke alam dengan mengkonsumsi tanaman obat daripada mengkonsumsi antibiotik yang memiliki efek samping kurang baik dan harganya relatif lebih mahal.  Namun jika setelah dikerok masuk anginnya tak kunjung reda, segeralah pergi ke dokter atau tempat pengobatan terdekat.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Masuk Angin Untuk Mengatasi Masuk Angin, Melancarkan Peredaran Darah dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Masuk Angin and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>